Visi dan Misi PPM STAI-IU

Visi

“Menjadi pusat unggulan dalam pengembangan dan penjaminan mutu pendidikan Islam yang berwawasan global pada tingkat nasional dan internasional.”

Misi

Untuk merealisasikan visi tersebut di atas telah ditetapkan misi PPM sebagai berikut:

  1. Mengembangkan sistem pendidikan yang berkualitas, berkarakter serta berkesinambungan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi;
  2. Mengembangkan sistem penjaminan mutu yang handal berdasarkan standar nasional, regional, dan internasional;
  3. Mengembangkan sistem tata kelola organisasi yang unggul sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan strategis;
  4. Menjalin kerjasama pengembangan sistem pendidikan dan penjaminan mutu dengan perguruan tinggi dan institusi lain pada level nasional, regional, dan internasional.

Tujuan 

Untuk mencapai misi tersebut di atas ditetapkan tujuan PPM sebagai berikut:

  1. Terlaksananya pembelajaran yang inovatif sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan mendapat pengakuan dari dunia kerja.
  2. Terbentuknya sistem penjaminan mutu internal yang handal dan dinamis mengikuti perkembangan sistem penjaminan mutu eksternal yang diakui pada tingkat nasional, regional, dan internasional.
  3. Meningkatnya kualitas pengelolaan dan kepemimpinan pada program studi dan unit-unit kerja di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik.
  4. Tercapainya kerjasama produktif dalam pengembangan sistem pendidikan dan penjaminan mutu dengan perguruan tinggi dan institusi lain pada level nasional, regional, dan internasional.

Sasaran 

Untuk mencapai tujuan tersebut di atas ditetapkan sasaran PPM sebagai berikut:

  1. Dihasilkannya lulusan dengan kompetensi hard skills dan soft skills yang relevan dan optimal serta memiliki karakter unggul, baik sebagai bagian dari organisasi kerja maupun sebagai seorang wirausahawan.
  2. Meningkatnya status akreditasi program studi ditingkat nasional, regional dan internasional.
  3. Meningkatnya kualitas pengelolaan administrasi dan efektifitas serta efisiensi pengelolaan anggaran pada program studi dan unit-unit kerja di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik.
  4. Meningkatnya intensitas kerjasama produktif dalam pengembangan sistem pendidikan dan penjaminan mutu dengan perguruan tinggi dan institusi lain pada level nasional, regional, dan internasional.

Strategi Pencapaian 

Untuk mencapai tujuan dan target sasaran perlu ditetapkan beberapa strategi pencapaian sebagai berikut:

  1. Mengembangkan pendidikan berbasis outcome (Outcome Based Education) dengan melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal, untuk meningkatkan relevansi pendidikan dengan dunia kerja.
  2. Menyelenggarakan program riset aksi (action research program) sebagai acuan pengembangan kurikulum, strategi pembelajaran, sistem penilaian, evaluasi program dan penjaminan mutu.
  3. Menyelenggarakan workshopslokakarya, technical assistance, ToT dan Hibah Pembelajaran untuk pengembangan hard skillssoft skills dan karakter lulusan.
  4. Menyediakan insentif  penulisan buku ajar/teks untuk peningkatan kualitas bahan ajar.
  5. Sosialisasi, pelatihan system penjaminan mutu internal kepada program studi.
  6. Pelaksanaan audit mutu internal pada program studi dan unit-unit kerja di lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik.
  7. Pendampingan akreditasi program studi.
  8. Terlibat aktif dalam badan-badan penjaminan mutu pada level nasional, regional, dan internasional
  9. Menjalin kerjasama produktif dalam pengembangan sistem pendidikan dan penjaminan mutu dengan perguruan tinggi dan institusi lain pada level nasional, regional, dan internasional.

Moto PPM

Moto LPM yaitu “Menumbuh kembangkan budaya mutu untuk meningkatkan daya saing STAI IHYAUL ULUM GRESIK“. Moto ini ditetapkan atas kondisi Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik. berada antara tahap dorongan secara internal (internally driven) dan budaya mutu (quality culture) sehingga perlu keberanian pimpinan untuk melakukan perubahan dan merangkul semua unsur pimpinan, sivitas akademika dan tenaga kependidikan secara bersama-sama menuju era budaya mutu. Jika dalam waktu dekat Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik mencapai tahap budaya mutu maka tidak mustahil Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik akan segera memasuki tahap daya saing bersaing baik pada tingkat nasional maupun internasional.

Leave a Reply